Monday 5 November 2012

global warming




Global warming, Bagi orang-orang awam atau tak berpendidikan kata-kata itu mungkin masih asing di telinga mereka, di tengah merebaknya isu global warming yang sudah mulai gawat ini masih banyak sekali yang tidak tahu apa itu global warming, apa bahayanya bagi bumi dan bagaimana pencegahannya!!
Hal ini menjadi masalah yang lebih komplek lagi karena orang-orang yang awam tersebut masih banyak yang belum sadar terhadap lingkungan sekitarnya yang menjadikan bumi ini semakin termakan oleh global warming itu sendiri.
   
Dalam hal ini saya akan menjelaskan apa itu global warming dan dampak negative apa yang ditimbulkannya serta langkah pencegahan apa yang harus dilakukan.
Global warming atau dalam bahasa Indonesia pemanasan global yaitu meningkatnya suhu rata-rata permukaaan bumi akibat gas rumah kaca yang tertahan di atmosfer bumi kita.



Menurut kajian dari IPCC yaitu Intergovernance Panel Of Climate Change, global warming ini mengakibatkan terjadinya kenaikan temperature suhu bumi sebesar 0,76’C mulai dari tahun 1899-2005 dan terjadi kenaikan permukaan air laut sebesar 1,8mm/tahun. Dalam hal ini IPCC menyatakan manusialah yang berperan penting dalam pemanasan global ini.
IPCC juga menghitung kerugian ekonomi yang disebabkan pemanasan global yaitu sebesar Rp.50-100 miliyar/tahun.
          
Pemanasan global ini terjadi karena gas rumah kaca (GRK) seperti CO2, CH4, N2O, HFE, PFE dan SF6  itu tertahan di atmosfer bumi sehingga sinar matahari yang masuk ke bumi tidak bisa dipantulkan kembali keluar bumi, jadi suhu bumi meningkat serta terasa panas dan inilah yang menyebabkan perubahan iklim global saat ini.
            
Gas rumah kaca adalah penyumbang terbesar terjadinya global warming, gas-gas ini dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari kita contohkan emisi gas buang kendaraan bermotor, asap polusi pabrik, asap rokok, pembakaran hutan, pemakaian gas-gas berbahaya pada parfum, dan pengonsumsian daging hewan. Selain itu juga kerusakan lingkungan yang terjadi di dunia khususnya di Indonesia ini juga merupakan salah satu factor yang menjadikan global warming ini menjadi ganas, kita lihat saja sekarang banyak sekali hutan-hutan yang gundul, penumpukan sampah dimana-mana, pemakaiaan plastic dan bahan-bahan berbahaya semacamnya
Masalah ini menjadi lebih gawat lagi karena penghuni-penghuni bumi saat ini tingkat kesadaran terhadap lingkungannya sangat rendah sehingga sulit global warming ini untuk segera diangani.
          
Tetapi itu semua dapat ditangani dengan melakukan hal-hal kecil seperti:  melakukan reboisasi, mengurangi penggunaan plastic dan bahan-bahan berbahaya lainnya dengan bahan-bahan daur ulang, mengurangi pengonsumsian daging hewan, tidak menggunakan pengawi parfum yang bisa merusak ozon kita, mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor dengan mengganti alat transportasi dengan sepeda untuk jarak dekat, menghemat penggunaan bahan bakar fosil dan menggantinya dengan bahan bakar biofil atau nabati dan masih banyak lagi yang lainya yang tidak mungkin  saya sebutkan satu persatu.
        
Itulah sekilas tentang global warming atau pemanasan global, ayo kita selamatkan bumi ini untuk kehidupan anak cucu kita kelak..!!! 

No comments:
Write komentar

tinggalkan jejak