Monday 16 June 2014

PREVIEW : GERMANY VS PORTUGAL


Setelah dua laga BIG MATCH antara Spanyol vs Belanda dan Inggris kontra Italia, partai klasik Jerman vs Portugal adalah duel tim favorit jilid ketiga. Dua tim ini juga bercokol di peringkat 10 besar dunia. Jerman peringkat dua, Portugal ranking empat. Pertandingan ini sekaligus menjadi penanda laga ke-100 bagi Jerman sepanjang sejarah Piala Dunia.

Brasil dan Spanyol disebut-sebut menjadi kandidat kuat kampiun Piala Dunia 2014, meski begitu tidak boleh melupakan kekuatan dan peluang timnas Jerman. Der Panzer selalu tampil konsisten di empat turnamen besar terakhir yang diikuti, tiga kali semifinal dan sekali tampil di partai puncak. Piala Dunia 2014 adalah peluang bagi mereka, kegagalan meraih trofi berarti akan memperpanjang dahaga gelar mereka yang sudah berlangsung selama 24 tahun.

Joachim Loew, sang pelatih punya sekumpulan pemain-pemain berbakat dan sebagian sedang berada dalam puncak karir mereka, ditambah dengan pasukan muda yang dianggap sebagai salah satu generasi terbaik sepakbola di dunia.

Persiapan mereka memang sedikit terganggu oleh cederanya beberapa pilar, mulai dari bek tengah Holger Badstuber, gelandang Ilkay Gundogan dan Lars Bender. Paling memukul jelas harus absennya bintang sekaligus pemain terbaik Bundesliga musim 2013-14, Marco Reus. Tetapi Loew masih punya banyak pilihan di posisi sayap atau gelandang serang yang ditinggalkan bintang Borussia Dortmund itu.

Satu keputusan paling mengejutkan adalah ketika Loew hanya membawa satu penyerang gaek Miroslav Klose (36) ke Brasil. Patut ditunggu seperti apa strategi Tim panzer jika memainkan pemain macam Mesut Oziel, Thomas Mueller, Lukas Podolski atau Andre Schurrle dalam peranfalse-nine alias penyerang hantu ataupun inside forward.

Portugal harus sedikit terseok sebelum akhirnya lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 setelah menang dalam dua laga play-off melawan Swedia. Tak bisa dimungkiri, performa Portugal sangat dipengaruhi oleh bintang besar mereka, Cristiano Ronaldo. Peraih gelar Ballon d’Or itu diharapkan bisa bersinar meskipun masih saja terganggu oleh kaki kirinya yang belum 100% fit betul dari cedera.

Tapi Seleccao bukanlah model one-man-team, mereka punya pemain hebat di lini pertahanan macam Pepe dan Fabio Coentrao yang merupakan kolega CR7 di Real Madrid. Di lini tengah mereka juga punya pemain kreatif macam Joao Moutinho, yang mengasisteni dua dari hat-trick penuh kenangan yang dicetak Ronaldo ke gawang Swedia pada leg kedua play-off. Sayangnya di posisi penyerang, tidak ada nama lain yang bisa dibilang sebanding dengan Cristiano.

Kondisi tim mungkin “memaksa” Die Nationalmannschaft memainkan empat bek tengah, Jerome Boateng dan Benedik Howedes yang posisi naturalnya adalah bek tengah di kubnya masing-masing akan diplot menjadi full back. Sementara full back kanan sekaligus kapten tim Jerman Philip Lahm akan diberi peran mengontrol lini tengah, seperti dilakukannya untuk Bayern Muenchen di bawah asuhan Pep Guardiola musim lalu.

KOMENTAR MANAJER

Joachim Loew: “Tidak akan ada kejutan. Kami akan memainkan empat pemain bertahan, tiga di tengah dan satu orang striker. Aku tak banyak memikirkan soal “false 9″, kami punya penyerang seperti Klose, Müller, Schürrle, Götze and Özil.

Paulo Bento: "Ya, sangat penting ia (Ronaldo) bisa bermain dan kami tak akan menutupinya. Pemain seperti Ronaldo sangat penting bagi semua tim, dan itu terjadi pada kami. Sangatbagus ia telah kembali. Dia bermain baik selain apa yang kami lakukan secara kolektif.


PEMAIN KUNCI



Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain terbaik di posisi sayap, termasuk ketika dimainkan sebagai inverted winger. Namun ia mungkin akan diturunkan sebagai tumpuan pendulang gol bagi Portugal. Ia adalah salah satu pelari paling kencang di antara para pesepakbola lain, ia punya dribble bagus, tendangan akurat dan tentu saja free-kickmematikan.


Thomas Muller, peraih gelar ganda pemain muda terbaik sekaligus top skorer Piala Dunia 2010 ini tentu semakin matang sekarang. Meskipun di Bayern Muenchen ia tak mendapat menit bermain sesuai keinginannya, ia sering menjadi penentu kemenangan. Penyerang sayap dan second striker ini piawai memanfaatkan peluang menjadi gol.


PLAYER TO WATCH

Portugal punya pemain tengah milik Sporting Lisbon yang sedang naik daun dan diminati banyak klub top Eropa, William Carvalho. Sementara Jerman punya Mario Goetze yang tak mendapat banyak menit bermain sejak pindah ke Bayern Muenchen, ia tentu ingin membuktikan kemampuannya.


HEAD TO HEAD
Jerman dan Portugal telah bertemu dalam 17 kali pertandingan, jadi bisa dibilang laga ini adalah partai klasik. Jerman unggul dengan sembilan kali menang, Portugal menang tiga kali. Lima sisanya berakhir remis.

EMPAT PERTEMUAN TERAKHIR
20/06/2000         Portugal       3-0    Jerman (EURO Grp. A)                                  
08/07/2006         Jerman        3-1     Portugal (World Cup Bronze Match)            
19/06/2008         Portugal      2-3      Jerman (EURO Quarter finals)                       
09/06/2012         Jerman        1-0      Portugal (EURO Grp. B)

LIMA PERTANDINGAN TERAKHIR
Jerman
06-06-14               Friendly                Jerman  vs Armenia        6 - 1
01-06-14               Friendly                Jerman vs Cameroon       2 - 2
13-05-14               Friendly                Jerman vs Polandia         0 - 0
05-03-14               Friendly                Jerman vs Cili                 1 - 0
19-11-13               Friendly                Ingris vs Jerman              0 – 1

Portugal
11-06-14               Friendly                Irlandia vs Portugal          1 - 5
07-06-14               Friendly                Meksico vs Portugal        0 - 1
31-05-14               Friendly                Portugal vs Yunani           0 - 0
05-03-14               Friendly                Portugal vs Kamerun      5 - 1
19-11-13               WC2014 Q           Swedia vs Portugal          2 – 3

ODDS
Germany: 1
Portugal: 3/1
Draw: 9/4


PREDIKSI LINE UP

Jerman  XI: 22 Weidenfeller, 20 Boateng, 17 Mertesacker, 5 Hummels, 4 Howedes, 6 Khedira, 16 Lahm, 9 Schurrle, 8 Oezil, 18 Kroos, 13 Muller

Portugal XI: 12 Rui Patricio, 20 Amorim, 13 Costa, 14 Neto, 5 Coentrao, 6 Carvalho, 16 Meireles, 8 Moutinho, 18 Varela, 9 Almeida H, 7 Ronaldo


PREDIKSI SKOR
Tak mudah mengira seperti apa jalannya pertandingan, namun hitung-hitungan statistik berpihak pada Jerman. Portugal akan kesulitan mencetak gol, dan sebaliknya dengan Jerman yang punya banyak pemain produktif. Skor akhir 3-1 untuk kemenangan Jerman.


DATA DAN FAKTA

1. Pertandingan melawan Portugal akan menjadi pertandingan ke-100 bagis Jerman sepanjang sejarah turnamen Piala Dunia, merupakan tim pertama yang mencapai angka tersebut.

2. Rekor Die Adler alias Sang Elang dalam 99 pertandingan sebelumnya adalah 60 kali menang, 19 seri dan 20 kali kalah.

3. Pertandinga pertama dijalani Jerman pada 27 Mei 1934 dengan hasil menang 5-2 dari Belgia.

4. Pertandingan nanti merupakan pertemuan yang ke-18 bagi kedua tim dalam semua ajang. Jerman unggul Sembilan kali, Portugal menang tiga kali, sisanya berakhir seri dalam 17 pertemuan sebelumnya.

5. Der Panzer memenangi tiga pertandingan terakhir antar kedua tim, termasuk perebutan tempat ketiga pada Piala Dunia 2006, skor akhir saat itu 3-1.

6. Jerman selalu memenangi laga perdana mereka di Piala Dunia sejak tahun 1990. Empat dari enam pertandingan perdana itu, Jerman mencetak minimal empat gol.

7. Pada babak penyisihan grup dalam dua Piala Dunia terakhir, Portugal hanya kebobolan satu gol dari enam pertandingan, yakni saat mereka menang 2-1 dari Meksiko.

8. Pelatih Jerman, Joachim Loew, pernah mencicipi pengalaman menang dari Portugal dalam pertandingan UEFA European Championship. Perempatfinal 2008 dengan skor 3-2 dan menang 1-0 pada penyisihan grup tahun 2012. Pertemuan terakhir itu, Portugal telah dilatih oleh Paulo Bento.

Venue: Arena Fonte Nova, Salvador
Kapasitas: 51708
Wasit: Milorad Mazic (Serbia)

No comments:
Write komentar

tinggalkan jejak