Wednesday 31 October 2012

cara menghias kursor


Tips Cara Membuat Cursor Bertabur Bintang Pada Blog - masih seputar tips dan trick mempercantik blog. banyak cara yang dilakukan seorang blog untuk menghias blognya sedemikian rupa guna menghasilkan suatu blog yang enak dipandang. kali ini Ageboy Blogs akan memberikan tips gimana caranya Membuat Cursor Bertabur Bintang.

Untuk tips Membuat Bintang Pada Cursor kali ini pun cukup mudah.

1. Login ke blogger.
2.Masuk ke Layout–>Page Element
3.Tambahkan gadget HTML/JavaScript
4.Pilih kode Cursor Bertabur Bintang dibawah ini.

Bintang Hijau
    <script src=”http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/bintang.hijau.js” type=”text/javascript”></script>

Bintang Ungu
    <script src=’http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/bintang.ungu.js’ type=”text/javascript”></script>

Bintang Merah
    <script src=’http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/bintang.merah.js’ type=”text/javascript”></script>

Bintang Biru
    <script src=’http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/bintang.biru.js’ type=”text/javascript”></script>

Bintang Putih
    <script src=’http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/bintang.putih.js’ type=”text/javascript”></script>

Pilih salah satu kode script diatas lalu simpan di widget.Cukup mudah bukan cara Membuat Cursor Bertabur Bintang. selamat mencoba..:)
Mau ada bintangnya di mesin pencari google baca juga tutorial ini Cara Membuat Blog Berbintang Di Google


Ageboy Blog: http://ageboy.blogspot.com/2012/02/membuat-cursor-bertabur-bintang.html#ixzz2AkIHdz6g

asal usul PATIH GAJAH MADA



Keberadaan dan asal-usul pahlawan yang kondang dengan Sumpah Palapa ini masih menjadi misteri bagi semua orang. Bahkan para ahli sejarah pun belum menemukan kata sepakat dimana dia dilahirkan. Dimana dia dibesarkan sampai bagaimana sosok Patih Gajah Mada menghabiskan masa tuanya sampai saat ini menjadi tanda tanya besar. Serta menjadi teka-teki sejarah yang belum terpecahkan.
Ada bahasan menarik yang disampaikan oleh sastrawan Anuf Chafiddi atau sering dipanggil Viddy AD Daery dalam makalahnya dalam Seminar Sesi II tentang Kontroversi Gajah Mada dalam Perspektif Fiksi dan Sejarah di Borobudur Writers & Cultural Festival 2012 di Manohara Hotel, Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jateng Senin (29/10).
Secara tegas dirinya memberikan judul dalam makalahnya; "Foklor Mengenai Gajah Mada Lahir di Modo, Lamongan" yang artinya menyatakan dirinya yakin bahwa Gajah Mada dilahirkan, besar dan mati di Lamongan, Jatim.
"Gajah Mada pahlawan maha besar nusantara itu lahir di wilayah Lamongan, Jawa Timur? Untuk menjawab pertanyaan itu akan menimbulkan berbagai macam jawaban kalau ditanyakan ke banyak orang. Namun kalau ditanyakan kepada saya. Jawaban saya adalah betul," ungkap Viddy.
Ada lima alasan yang menjadikan Viddy yakin bahwa Gajah Mada berasal dari Lamongan, Jatim. Alasan itu di antaranya, di daerah Desa Modo dan sekitarnya termasuk Desa Pamotan, Desa Ngimbang, Desa Bluluk, Desa Sukorame dan sekitarnya tersebar foklor atau cerita rakyat. Dongeng dari mulut ke mulut mengisahkan bahwa Gajah Mada adalah kelahiran wilayah Desa Modo.
Kelima desa itu merupakan daerah ibu kota sejak didirikan jaman Kerajaan Kahuripan Erlangga. Bahkan anak cucu raja juga mendirikan ibu kota di situ. Alasanya strategis alamnya bergunung-gunung, bagus untuk pertahanan dan dekat dengan Kali Lamong cabang Kali Brantas. Selain itu ada jalan raya Kahuripan-Tuban yang dibatasi Sungai Bengawan Solo di Pelabuhan Bubat (kini bernama Kota Babat). Ibu kota ini baru digeser oleh cicit Airlangga ke arah Kertosono-Nganjuk.
Kemudian baru di zaman Jayabaya digeser lagi ke Mamenang, Kediri. Selanjutnya oleh Ken Arok, digeser masuk lagi ke Singosari. Baru kemudian oleh R Wijaya dikembalikan ke arah muara yaitu ke Tarik. Namun, anaknya yang akan dijadikan penggantinya yakni Tribuana Tunggadewi diratukan di daerah Lamongan-Pamotan-Bluluk lagi yaitu di Kahuripan alias Rani Kahuripan, Lamongan.
"Ketika Gajah Mada menyelamatkan Raja Jayanegara dari amukan pemberontak Ra Kuti, dibawanya Jayanegara ke arah Lamongan yaitu di Badender (bisa Badender Bojonegoro, bisa Badender kabuh, Jombang, keduanya memiliki rute ke arah Lamongan (Pamotan-Modo-Bluluk dan sekitarnya). Itu sesuai teori masa anak-anak dimana kalau anak kecil atau remaja berkelahi di luar desa pasti jika kalah lari menyelamatkan diri masuk ke desa minta dukungan. Di desanya banyak teman, kerabat maupun guru silatnya. Saya kira Gajah Mada juga menerapkan taktik itu,"ungkapnya.
Sebuah situs kuburan Ibunda Gajah Mada, yaitu Nyai Andongsari juga menjadikan Viddy yakin bahwa patih kerajaan jaman Majapahit itu berasal dari Lamongan. Kemudian juga ada situs kuburan yang sampai saat ini menjadi perdebatan dan kontroversial yang diyakini warga sekitar merupakan kuburan patih Gajah Mada. Namun, kuburan itu dalam posisi dan berkarakter kuburan islam.
"Kuburannya menghadap ke arah persis sebagaimana kuburan orang Islam. Kalau misalnya hal ini benar maka wajar saja masa tua Gajah Mada tidak ditulis di babad-babad atau kitab kuno. Sengaja disisihkan atau dihapus dari sejarah karena Gajah Mada mungkin dianggap 'murtad' atau semacam itu," jelasnya.
Arkeolog sekaligus sejarawan Fakultas Sejarah Universitas Indonesia (UI) Agus Aris Munandar menyatakan secara arkeologis belum ditemukan data tentang asal muasal dan keberadaan pasti Gajah Mada. Bahkan beberapa temuan prasasti-prasasti yang menyinggung tentang cerita Gajah Mada belum dan tidak bisa digunakan untuk penelitian dan memastikan benang merah sejarah cikal bakal Gajah Mada itu sendiri.
"Beberapa data soal keberadaan Gajah Mada yang belum digunakan. Data Gajah Mada secara arkeologis tidak ada. Yang ada nanti jika digunakan menjadi tafsir di atas tafsir. Prasasti yang terabaikan itu diantaranya: Prasasti Gajah Mada di situs Candi Singosari (Tahun 1351 M), Prasasti Relief Mahameru (Pawitra) yang menjelaskan Mahameru sebagai titik asis mundi.
Kemudian penemuan Candi Tikus di situs Trowulan yang gayanya mirip Candi Singosari. Mungkinkah Candi Tikus diperintah Gajah Mada untuk dibangun.
"Candi Kepung 7 meter di muka tanah sangat dekat dengan Candi Tikus di Kepung Kediri. Ada lagi Prasasti Hemadwalandit, Prasasti Bendodari (Tahun 1360 M),"tuturnya.
Agus Aris menyatakan karena tidak ada bukti arkeologis yang ditemukan terkait keberadaan dan cikal bakal Gajah Mada dan saking menariknya tokoh yang satu ini, banyak sekali daerah yang sampai mengklaim secara lisan bahwa di daerah mereka merupakan asal muasal maupun tempat meninggalnya Gajah Mada.
"Ada yang mengakui bahwa Gajah Mada dari Buton, Gajah Mada dari Wange-wange Bali. Ada yang bahkan mengatakan bahwa Gajah Mada adalah keturunan pasukan Tor-Tor,"ungkap Agus Aris Munandar.
Sampai saat ini, penelitian Arkeologi belum berhasil menemukan jati diri, sosok Gajah Mada yang seutuhnya. Sebab dari arkeologi sejarah, mempunya peringkat validitas data.
"Data primer, data sekunder dan data tertier. Berita- berita dari mulut ke mulut (folklor) itu, menurut Aris itu merupakan data tersier dan bersifat negatif. Data primer prasasti itu mutlak dan dibuat pada jamanya. Prasasti dengan angka tahun dihargai dengan angka tahun. Data pendukung: zaman, bergeser

cara membuat blog

Cara Dan Panduan Membuat Blog Di Blogspot - Panduan Membuat Blog Yang Mudah Dan Lengkap

Pada posting kali ini saya akan mencobaa sajikan panduan cara membuat blog yang disediakan secara gratis. Dan salah satu sebab yang kemudian mendorong saya untuk memuat artikel ini disini karena ada salah satu teman saya yang meminta untuk di ajarin tata cara dan panduan membuat blog, karena jarak yang terlalu jauh untuk bisa ketemu langsung jadi saya sekalian aja memuat artikel ini disini, di jadilah.com. Mungkin atau pasti kamu pernah mendengar istilah blog atau webblog kan? blog tidak jauh berbeda dengan website. yang membedakan jika website hanyalah situs yang menyediakan informasi satu arah bagi pengunjungnya, sedangkan blog atau webblog menyediakan informasi secara dua arah, jadi para pengunjung bisa memberikan komentar tentang artikel atau content yang disediakan oleh pengelola blog itu, atau istilah lain Admin. Oh ya istilah lain dari blog adalah CMS jika dipanjangkan jadi Content Management Sistem. sedangkan orang yang mempunyai blog istilah nya blogger

sebenarnya saat ini ada dua layanan blog gratis yang sering digunakan oleh para bloger untuk ngeblog, yaitu blogspot (bloger) dan wordpress. Tapi kali ini saya akan memberikan panduan cara membuat blog dengan blogspot (blogger) saja. Alasan saya karena saya rasa cara membuat dan mengelola blog di bloger lebih mudah dibandingkan dengan di wordpress. Tapi satu saat ini saya usahakan akan membuat juga tentang panduan cara membuat blog di wordpress yang juga gratis tentunya.

oke lah… tanpa banyak berbasa basi lagi baca baaik-baik langkah-langkah cara membuat blog di bawah ini ya…

1. Yang harus kamu siapkan dan wajib sebelum membuat atau bikin blog di blogspot (blogger) adalah memiliki email terlebih dahulu. email ini nantinya digunakan untuk mendaftar pertama kali. jika belum bisa atau belum membuat email baca di sini (klik di sini), disitu sudah saya bahas tentang langkah membuat email. Tenang saja tidak usah terburu-buru. Baca dulu panduan ini sampai habis, kemudian baru dipraktekkan. oke
2. Jika sudah membuat email, bukalah alamat www.blogger.com, dan pastikan yang muncul adalah website seperti di bawah ini:



kemudian klik gambar panah orange yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA
3. Setelah itu akan muncul halaman seperti di bawah ini:


pada kolom alamat email : masukan email kamu
ketik ulang alamat email : masukan lagi email yang sama seperti diatas
masukan sebuah paswod : isiakan kanta kunci (minimal 8 karakter, bisa huruf bisa angka)
ketikan ulang sandi : masukan lagi paswod yang telah kamu masukan sama dengan yang di atas
Nama tampilan : isi nama kamu atau nama alias kamu (ini akan tampil bersamaa dengan posting, artikel yang kamu buat)
verifikasi : masukkan gambar kata yang terdapat di atas kolom.
pada gambar di atas sudah saya sertakan contoh pengisiannya
jika sudah diisi semua lalu klik gambar panah orange (lanjutkan)
4. Kemudian akan muncul seperti ini:



Isilah Judul Blog sesuai dengan keinginannmu
isi juga alamat blog sesuai dengan keinginanmu juga, jika alamatmu menggunakan 2 kata atau lebih. pisahlah dengan tanda titik ( . ) atau tanda ( – ). karena tidak bisa menggunakan spasi.
contoh pengisiannya seperti gambar ini
terkadang alamat blog yang kita tulis sudah pakai oleh orang lain, jika sudah dipakai orang lain berati tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sudah dipakai orang lain atau belum Klik saja link “cek ketersediaan” jika belum dipakai orang lain, maka di bawahnya akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia

jika sudah klik menu lanjutkan
5. Setelah kamu klik menu lanjutkan.. akan muncul halaman seperti ini:


itu adalah jendela disain template. untuk memilih tinggal klik salah satu. kemudian menu klik lanjutkan, maka yang muncul adalah gambar seperti ini:



dengan begitu kamu telah selesai membuat suatu blog…. sekarang tinggal mengisi dengan artikel kamu saja..
6. okelah langsung saja kita belajar mengisi artikel… Kliklah tombol panah Mulai Blogging
maka akan muncul gambar seperti di bawah ini, gambar di bawah merupakan contoh pengisian artikel


Kolom judul untuk judul artikel
dalam kolom yang lebar di bawahnya itu untuk menulis artikel kamu
dan label untuk mengisi jenis kategory artikel.
jika sudah diisi semua kemudian tekan menu MEMPUBLIKASIKAN POSTING, jika muncul seperti ini


maka kamu telah berhasil membuat satu artikel, untuk melihatnya klik menu Lihat BLog
maka yang tampil akan seperti ini:


jika sudah muncul seperti itu.. kamu berati telah selesai dan berhasil membuat posting
7. Suatu saat jika ingin memposting artikel baru lagi, kamu tidak perlu mendaftar lagi… tinggal buka https://www.blogger.com/start, kemudian
masukkan email kamu, dan paswod kamu saja, kemudian klik menu “masuk” maka kamu akan di bawa ke menu dashboard,

sesaat kemudian kamu akan masuk pada dasboard bloger kamu, di situ kamu bisa mengedit, membuat posting, ataupun mengatur setting blog kamu.

dan yang terakhir, agar akun blogger kamu bisa digunakan secara penuh, jangan lupa konfirmasi dulu aku bloger kamu. caranya cek email yang kamu gunakan untuk mendaftar, di situ akan terdapat satu buah email dari blogger berisi link konfirmasi. klik link tersebut, seperti gambar di bawah ini



setelah kamu klik link tersebut, kamu akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini, menunjukkan akun blogger kamu sudah dikonfirmasi.


8. Oh iya jika kamu sudah mempunyai email di Gmail. kamu tida perlu mendaftar dari awal… tapi langsung saja masukkan alamat email gmail kamu dan paswod kamu, kemudian klik menu masuk.
jika menggunakan email dari Gmail, kamu tidak perlu memasukan paswod dan email lain ataupun capta kode lagi… tinggal masukkan nama tampilan saja
kelanjutan langkah-langkahnya sama dengan yang di atas….
Nah itulah langkah membuat blog di blogspot, semoga cukup mudah dipahami, jika kurang paham mohon maaf, terima kasih. Selamat mencoba! Dan yang pasti semoga bermantap.


+ Thank : Terima kasih untuk semua pihak atas  tambahan infonya untuk pelengkap jadinya artikel ini, yang mungkin tidak bisa saya sebut satu persatu.
salam kenal muhammad hasan

ARTI HIV & AIDS


Apa itu HIV?

HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus.
Yaitu virus yang melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia.
Apa itu AIDS?

AIDS singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndroms.
Yaitu sekumpulan gejala yang timbul sebagai akibat melemahnya sistem kekebalan tubuh karena terinfeksi virus HIV.
“Perlu diingat! Belum ada obat pembunuh HIV, yang ada hanya obat yang membatasi perkembangbiakan virusnya (ARV: Anti Retro Viral)”

Dimana Virus HIV berada?

Di dalam tubuh manusia. Virus HIV hanya terdapat di dalam cairan tubuh seseorang yang terinfeksi.

Cairan tubuh yang dimaksud, antara lain:

Darah
Air Mani
Cairan Vagina
Bagaimana Penularannya?

Virus HIV hanya menular kalau:

Ada virus yang keluar dari tubuh orang yang terinfeksi HIV
Virus tersebut berada di darah, air mani, cairan vagina, dan air susu ibu
Jumlah virusnya harus cukup
Masuk ke tubuh orang yang belum terinfeksi, misalnya lewat luka terbuka
“selama HIV yang ada dalam cairan mani, cairan vagina dan darah nggak masuk ketubuh orang yang belum terinfeksi, HIV nggak bakal nular deh….”

Cara penularannya:

Hubungan seks berisiko
Pemakaian jarum suntik bergantian (terutama pada penasun)
Transfusi darah yang tidak steril
Dari ibu ke anak
Transplasental
Proses melahirkan
Proses menyusui
Apa Kaitan Pengguna Narkoba dengan HIV?

Pengguna Narkotika Suntik (Penasun) memiliki risiko paling tinggi untuk terinfeksi HIV.

HIV tidak akan nular melalui:

Jabat tangan
Sentuhan
Berpelukan
Berangkulan
Menggunakan alat makan atau minum yang sama
Tinggal serumah dengan ODHA (orang dengan HIV-AIDS)
Termasuk melalui gigitan nyamuk
Gimana Infeksi HIV terjadi?

Infeksi HIV terjadi melalui beberapa tahapan:

Periode Jendela (Window Periode)
Virus masuk kedalam tubuh dan berkembang. Pada tahap ini (3 bulan pertama) kalo kita melakukan tes, virus belum bisa terdeteksi dengan pemeriksaan antibody darah yang biasa dilakukan.
Nggak ada gejala yang muncul tapi virus sudah bisa ditularkan ke orang lain, bahkan pada periode ini virus sedang banyak – banyaknya menggadakan diri, sehingga penularan lebih besar lagi.
Pada tahap ini HIV sudah dapat terdeteksi kalo kamu melakukan tes HIV. Tapi dalam tahap ini belum menunjukkan gejala dan tampak sehat, tergantung pada kondisi kesehatan dan daya tahan tubuhnya. Biasanya 5-10 tahun.
Muncul Gejala
Pada tahap ini mulai muncul gejala – gajala seperti demam berkepanjangan, penurunan berat badan, diare terus menurus tanpa sebab yang jelas, batuk dan sesak nafas lebih dari satu bulan secara terus menerus, kulit menjadi gatal dan muncul bercak –bercak merah kebiruan.Gejala tersebut menunjukkan sudah ada kerusakan pada sistem kekebalan tbuh. Berat badan sudah mulai menurun.
Pada tahap ini kekebalan tubuh kita sudah sangat menurun, sehingga terserang berbagai penyakit, seperti: radang paru-paru (TBC/tuberculosis), radang karena jamur di mulut dan kerongkongan, gangguan susunan saraf (toxoplasmosis), kanker kulit, infeksi usus, dan infeksi lain.
Tanda-tanda orang yang hidup dengan HIV-AIDS

HIV tidak dapat dilihat dengan kasat mata, hanya dengan melihat seseorang dari tampak luarnya saja.

Untuk memastikan seseorang telah terinfeksi HIV atau belum, hanya bisa dilakukan melalui tes HIV. Tes HIV diawali dengan konseling dan dilakukan secara sukarela, atau inisiatif dari dokter yang memeriksanya.

Tips- tips Mencegah IMS dan HIV-AIDS

Biar ga kena HIV, hindari perilaku berisiko yang bisa menularkan virus, caranya sebagai berikut:

Abstinence:
Tidak berhbungan seks sampai mencapai kesiapan mental, fisik dan social.

Be Faithful:
Saling setia hanya pada satu pasangan.

Condom Use:
Kondom digunakan oleh pasangan seksual aktif atau seseorang yang sering berganti pasangan.

Don’t Share Needle dan Drugs:
Nggak tukaran jarum suntik dan alat tusuk obat lainnya. Gunakan hanya alat suntik, alat tusuk atau alat medis baru atau steril. Dan jangan menyalahgunakan obat (drugs).

Education:
Cari informasi sedini dan sebanyak mungkin agar kita terhindar dari penularan IMS dan HIV-AIDS.

ketika keperawanan dipertanyakan


Mengupas masalah keperawanan yang bersinggungan dengan organ intim kewanitaan seorang gadis tentu tak akan ada habisnya. Berbagai pendapat, pandangan, serta mitos tentang “gadis perawan” sering menjadi perbincangan masyarakat, meskipun kadang-kadang tak banyak yang berani membahas secara terang-terangan karena masih dianggap sebagai topik bahasan yang tabu dan seronok.

Berbeda dengan keperjakaan seorang laki-laki yang sulit dibedakan, keperawanan dapat dilihat dari dua sudut pandang yang berbeda, yaitu dari sudut pandang medis atau sosial.

Secara medis perawan biasanya dikaitkan dengan kondisi fisik seseorang yakni dari robeknya selaput dara dengan tanda keluarnya darah pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual, sementara secara sosial keperawanan dilihat dari pernah atau tidaknya seorang gadis melakukan hubungan seksual. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, apakah semua gadis perawan akan mengalami pendarahan ketika berhubungan seksual pertama kali?. Atau apakah semua gadis yang selaput daranya robek adalah gadis-gadis yang sebelumnya sempat berhubungan seksual?

Mitos darah selaput dara ini tentu membuat banyak wanita menjadi khawatir di malam pertamanya. mereka takut tidak mengeluarkan darah dan takut dianggap tidak perawan lagi. Belum lagi mitos-mitos lain yang merebak di masyarakat, yang mengatakan bahwa gadis tak perawan memiliki bentuk tubuh berbeda dengan gadis yang tak pernah melakukan hubungan senggama.

Sesungguhnya, selaput dara yang dimiliki oleh para perempuan tak semuanya sama. Selaput dara merupakan selaput tipis yang terdapat di dalam liang vagina. Selaput dara memiliki variasi bentuk dengan ketebalan dan elastisitas yang berbeda, dengan bentuk berlubang-lubang, besar, kecil, dan lainnya. Tentu saja bagi mereka yang memiliki selaput dara yang berlubang besar atau yang hanya menutupi dinding vagina serta elastisitasnya tinggi tidak akan mengalami pendarahan ketika pertama kali berhubungan seksual, atau bisa saja darah yang dikeluarkan terlalu sedikit dan bercampur dengan cairan vagina sehingga tidak terlihat. Sementara ada pula wanita yang memiliki selaput darah yang rapuh dan sensitif, sehingga memungkinkan untuk kembali mengalami pendarahan pada hubungan seksual selanjutnya.

Robeknya selaput dara juga belum tentu terjadi oleh karena telah melakukan hubungan seksual (masuknya penis ke dalam vagina), tetapi bisa juga karena kecelakaan, kegiatan olahraga yang berat, atau pernah melakukan masturbasi dengan memasukkan suatu benda ke dalam vagina. Mitos tentang bentuk tubuh gadis tak perawan pun juga sungguh sangat disayangkan. Sebab sejatinya hal seperti itu tidak dapat diuji secara ilmiah.

Banyak selentingan yang mengatakan gadis dengan payudara dan pantat yang turun adalah gadis tak perawan. Mungkin saja bentuk tubuh asal sang gadis memang demikian, toh banyak juga wanita atau ibu yang memang sudah tak perawan bentuk tubuhnya tetap bagus. Jadi bukan itulah yang harusnya dijadikan sebagai tolak ukur perawannya sang gadis. Itu dikembalikan lagi pada individu masing-masing untuk berpikir dan berpandangan serta menilai kembali diri sendiri masihkah perawankah kamu…

Keperawanan sungguh akan merugikan perempuan apabila hanya dilihat dari masih utuh atau robeknya selaput dara. Terlebih lagi hanya dengan melihat ciri fisik yang kasat mata. Jadi, para remaja jangan sembarang menilai orang lain ya, pertama nilailah dulu dirimu sendiri. Jangan sampai kita menadi remaja yang gemar mencap orang lain dengan sesuatu yang kita sendiri tidak tahu pasti. Dan bagi kamu para gadis perawan, jangan terlalu pusing memikirkan darah selaput daramu ya, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa jujur pada orang lain dan diri sendiri.

Tuesday 30 October 2012

kota lubuklinggau



Tahun 1929 status Lubuklinggau adalah sebagai Ibu Kota Marga Sindang Kelingi Ilir, dibawah Onder District Musi Ulu. Onder DistrictMusi Ulu sendiri ibu kotanya adalah Muara Beliti. Tahun 1933 Ibukota Onder District Musi Ulu dipindah dari Muara Beliti ke Lubuklinggau.
Tahun 1942-1945 Lubuklinggau menjadi Ibukota Kewedanaan Musi Ulu dan dilanjutkan setelahkemerdekaan. Pada waktu Clash I tahun 1947, Lubuklinggau dijadikan Ibukota Pemerintahan Propinsi Sumatera Bagian Selatan.
Tahun 1948 Lubuklinggau menjadi Ibukota Kabupaten Musi Ulu Rawas dan tetap sebagai Ibukota Keresidenan Palembang. Pada tahun 1956 Lubuklinggau menjadi Ibukota Daerah Swatantra Tingkat II Musi Rawas.
Tahun 1981 dengan Peraturan PemerintahRepublik Indonesia Nomor 38 tanggal 30 Oktober 1981 Lubuklinggau ditetapkan statusnya sebagai Kota Administratif.
Tahun 2001 dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2001 tanggal 21 Juni 2001 Lubuklinggau statusnya ditingkatkan menjadi Kota. Pada tanggal17 Oktober 2001 Kota Lubuklinggau diresmikan menjadi Daerah Otonam.



 OBJEK WISATA LUBUKLINGGAU
Bukit Sulap

Kawasan objek wisata Bukit Sulap terletak ± 2 km dari pusat Kota Lubuklinggau. Bukit Sulap merupakan objek wisata alam yang berbentuk bukit yang cukup besar dengan ketinggian ± 700 m dari permukaan laut dengan tumbuh-tumbuhan yang alami dan asri serta bertemperatur udara yang sejuk. Untuk sampai kepuncaknya membutuhkan waktu ± 1,5 jam berjalan kaki melalui jalan setapak berbatu dan tanah. Bukit ini cukup menantang bagi wisatawan dan pencinta alam yang senang berpetualang.
Dari puncak Bukit Sulap pengunjung dapat leluasa memandang keindahan alam Kota Lubuklinggau, apalagi di malam hari akan lebih menarik lagi.
Di samping itu, di puncak Bukit Sulap terdapat tumbuh-tumbuhan berupa bambu yang unik, batangnya berwarna seperti warna bambu yang umumnya berwarna hijau bersih namun dahan dan ranting-rantingnya berwarna kuning serta berduri-duri. Selain itu terdapat juga bambu yang batangnya berlubang seperti bambu biasa tapi dahan dan ranting-rantingnya buntu sehingga menjadikan bambu ini mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri yang mungkin tidak terdapat di tempat lain.
Yang tidak kalah menariknya di lereng Bukit Sulap terdapat sungai dengan air yang bening. Sungai tersebut diberi nama sungai Kesie, airnya mengalir di sepanjang sungai tersebut dengan panorama alam yang indah sehingga Bukit Sulap akan memberikan ketenangan dan kesejukan tersendiri sebagai objek wisata bagi para pengunjung ataupun wisatawan.
Di lereng Bukit Sulap juga terdapat situs berupa 4 (empat) buah kuburan, kuburan itu diberi nama kuburan Bujang Kurap, bahkan oleh masyarakat Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau sudah dikeramatkan.
Bujang Kurap adalah salah satu cerita rakyat Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau yang mengisahkan kesaktian seseorang pada masa itu. Lokasi situs Bujang Kurap di Sidorejo Kelurahan Pelita Jaya Kecamatan Lubuklinggau Barat I ± 1 km dari pusat Kota Lubuklinggau. Untuk mencapai komplek situs pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda 2 (dua) atau berjalan kaki, tidak dapat dicapai dengan kendaraan roda 4 (empat) karena lokasi situs tersebut dipisahkan oleh aliran Sungai Kelingi. Di atas sungai ini terdapat sebuah jembatan gantung, jembatan gantung inilah satu-satunya jalan yang dapat ditempuh untuk mencapai lokasi situs Bujang Kurap.
Bukit sulap juga identik dengan Kota Lubuklinggau, karena Bukit sulap merupakan lambang dari Kota Lubuklinggau yang dapat dilihat atau dipandang dari semua penjuru Kota Lubuklinggau.


Air Terjun Watervang


Objek wisata ini adalah bangunan bendungan air Sungai Kelingi yang dibangun oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1941. Fungsi utamanya sebagai pengairan persawahan yang luasnya ± 8.000 ha yang terletak di kawasan sepanjang Sungai Kelingi Kota Lubuklinggau sampai ke Kecamatan Tugu Mulyo dan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.
Di samping fungsi utama bendungan sebagai pengairan persawahan juga objek wisata, yang akan memberikan nuansa tersendiri bagi para pengunjung. Watervang juga, memiliki nilai historis bagi bangsa Indonesia pada umumnya dan kabupaten Musi Rawas serta Kota Lubuklinggau pada khususnya.
Objek wisata ini terletak ± 5 km ke arah timur pusat Kota Lubuklinggau. Untuk mencapai objek wisata tersebut hanya memerlukan waktu ± 15 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat.
Objek wisata ini sudah dikenal luas oleh warga masyarakat Kabupaten Musi rawas, Kota lubuklinggau, Sumatera Selatan dan sekitarnya.




Museum Sriwijaya Subkoss Garuda

Museum subkoss Garuda Sriwijaya ini menempati bangunan ex-rumah dinas Bupati Kabupaten Musi Rawas yang peresmiannya pada tahun 1988 sebagai Museum Perjuangan dengan arsitektur tradisional. Luas bangunan Museum Subkoss Garuda Sriwijaya 1.700 m², terletak di pusat Kota Lubuklinggau mudah untuk dicapai.
Di museum ini terdapat ± 184 koleksi barang-barang bersejarah yang pernah dipakai atau digunakan oleh para pejuang pada pertempuran untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dari kaum penjajah. Pemerintah Kota Lubuklinggau memanfaatkan museum Subkoss Garuda Sriwajaya sebagai objek wisata Sejarah. Koleksi barang-barang bersejarah yang dimiliki oleh museum ini antara lain : Log. Kereta Api, Mobil Jeep STD, Tombak, Senjata Api, dll. Museum Subkoss Garuda Sriwijaya ini juga melambangkan perjuangan rakyat Sumatera Selatan.
Keberadaan museum ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi tentang perjuangan, kepahlawanan, pengetahuan dan wawasan sejarah kepada generasi muda. Museum ini merupakan satu-satunya objek wisata sejarah di Kota Lubuklinggau dan telah menjadi kebanggaan warga Kota Lubuklinggau.

Air Terjun temam

Kawasan objek wisata ini terletak di Kelurahan Air Temam Kecamatan Lubuklinggau Selatan I ± 9 km ke arah selatan dari pusatKota Lubuklinggau, hanya membutuhkan waktu ± 20 menit untuk mencapai objek wisata tersebut dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4. Objek Wisata Air Terjun Mesat, merupakan air terjun yang bersumber dari Air Sungai Mesat. Air Terjun ini menjadi objek wisata yang cukup menarik, air sungai ini juga digunakan oleh penduduk sekitar untuk mandi dan mencuci. Ketinggian air terjunnya ± 7 m terletak di jalan poros penghubung antara Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahma. Di atas air terjun ini terdapat sebuah jembatan untuk menuju Kantor Lurah Air Temam dan Kantor Lurah Rahma. Dari atas jembatan penghubung antara Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahma tersebut pengunjung dapat menikmati pemandangan Air Terjun Mesat dan alam sekitarnya. Air terjun ini akan menjadi lebih menarik bila musim hujan turun karena air sungai menjadi besar dari biasanya dan akan memberikan keindahan tersendiri. Lokasi Air terjun Mesat ini tidak jauh dari kawasan perkampungan penduduk dan perkebunan karet. Untuk mencapai objek wisata ini ada dua jalan arternatif yang dapat ditempuh yaitu melalui Kelurahan Air Temam atau Kelurahan Rahma, jalannya cukup baik, sepi dan tenang jauh dari hiruk piruk dan kebisingan kendaraan bermotor serta aktivitas masyarakat. Disisi kiri dan kanan objek wisata wisata ini terdapat kebun dan perkebunan karet masyarakat. Lingkungan objek wisata ini masih alami jauh dari polusi, sehingga dapat memberikan kesegaran dan kesejukan kepada para wisatawan.
MARI KITA JAGA LINGKUNGAN KOTA LUBUKLINGGAU TERCINTA

sejarah nama lubuklinggau dan silampari


Pada zaman dahulu kala ada 7 bidadari yang sedang turun dari kayangan (kerajaan di langit) untuk mandi di sebuah telaga, dimana pada saat itu hanya terdapat sebuah telaga yang masih terdapat airnya, dikarenakan adanya musim kemarau yang panjang.
Tapi naas bagi bidadari bungsu karena selendang yang dimilikinya hilang diambil oleh seorang pemburu sehingga ia tak dapat pulang lagi kelangit.
Pemuda tersebut bernama Bujang Penulup yang artinya adalah seorang pemburu binatang yang menggunakan alat buru berupa tulup atau sumpit. Sedangkan putri bungsu tersebut bernama Sringga Pisat.
Suatu saat bidadari tersebut menemukan pakaian yang disembuyikan oleh Bujang Penulup, kemudian bidadari tersebut dapat pulang kelangit, namun bujang penulup melihatnya, maka dia berkata “SILAMPARI” (Putri hilang). Karena putri yang ingin kembali berangsur-angsur menghilang.
Cerita 2.
Dahulu kala ada seorang raja bernama Raja Biku 8 dewa dan permaisurinya bernama Putri Ayu Selendang Kuning, Raja ini terkenal dengan kesaktiannya yang tiada tanding karena kepandaiannya terbang. Ilmu 8 dewa yang dia miliki diantaranya: Dewa api, dewa matahari, dewa udara, dewa angin, dewa air,………
Setelah 10 thn berkeluarga raja belum juga memiliki keturunan, akhirnya dia mengakui kelemahannya. Kemudian turun lah dewa mantra sakti tujuh dari langit yang turun dipuncak bukit Rimbo Tenang untuk menolong Raja Biku.
Sang Raja disuruh bertapa/semedi untuk mendapatkan kembang tanjung kelopak enam helai melalui sukma mantra (hanya sukma saja yang pergi). Bunga tanjung digunakan untuk mandi putri dengan ramuannya kembang tanjung kelopak enam, daun pandan, daun purut, dan akar wangi kesemua direndam jadi satu lalu dipakai mandi dan sisanya diminum.
Setelah putri tersebut meminumnya mulailah putri hamil dengan enam kehamilan yang normal sehingga putri mendapatkan enam anak yaitu 1 laki-laki dan 5 perempuan. Nama anak-anak raja tersebut adalah :
1. BUDUR,
2. DAYANG TARE
3. DAYANG DERUJA
4. DAYANG DERUJI
5. DAYANG AYU
6. DAYANG IRENG MANIS
Jumlah anak tersebut sesuai dengan jumlah kelopak kembang tanjung yang diberikan. Tetapi Raja Biku memiliki perjanjian yaitu semua akan kembali seperti semula (SILAM).Saat itu pun tiba, mula-mula yang hilang adalah putri Dayang Tare karena dia yang pertama kali mengadu kepada dewa tentang deritanya di dunia, dia hilang di Rimbo Tenang.Kemudian yang hilang selanjutnya, yaitu Dayang Deruja yang hilang di Rejang Rebo dan diberi tanda pohon ketapang kuning.Kemudian Dayang Ayu, Dayang Ireng Manis Dayang Deruji beserta ibunya hilang di bukit ayu.Raja Biku hilang di laut cina sedangkan Budur hilang di Ulak Lebar. Karena putra-putri hilang maka masyarakat berkata “SILAMPARI” (Putri yang hilang).

perjuangan politik generasi muda


Boedi Oetomo, merupakan wadah perjuangan yang pertama kali memiliki struktur pengorganisasian modern. Didirikan di Jakarta, 20 Mei 1908 oleh pemuda-pelajar-mahasiswa dari lembaga pendidikan STOVIA, wadah ini merupakan refleksi sikap kritis dan keresahan intelektual terlepas dari primordialisme Jawa yang ditampilkannya.

Pada konggres yang pertama di Yogyakarta, tanggal 5 Oktober 1908 menetapkan tujuan perkumpulan : Kemajuan yang selaras buat negeri dan bangsa, terutama dengan memajukan pengajaran, pertanian, peternakan dan dagang, teknik dan industri, serta kebudayaan.

Dalam 5 tahun permulaan Budi Oetomo sebagai perkumpulan, tempat keinginan-keinginan bergerak maju dapat dikeluarkan, tempat kebaktian terhadap bangsa dinyatakan, mempunyai kedudukan monopoli dan oleh karena itu BU maju pesat, tercatat akhir tahun 1909 telah mempunyai 40 cabang dengan lk.10.000 anggota.

Disamping itu, para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Belanda, salah satunya Mohammad Hatta yang saat itu sedang belajar di Nederland Handelshogeschool di Rotterdam mendirikan Indische Vereeninging yang kemudian berubah nama menjadi Indonesische Vereeninging tahun 1922, disesuaikan dengan perkembangan dari pusat kegiatan diskusi menjadi wadah yang berorientasi politik dengan jelas. Dan terakhir untuk lebih mempertegas identitas nasionalisme yang diperjuangkan, organisasi ini kembali berganti nama baru menjadi Perhimpunan Indonesia, tahun 1925.

Berdirinya Indische Vereeninging dan organisasi-organisasi lain,seperti: Indische Partij yang melontarkan propaganda kemerdekaan Indonesia, Sarekat Islam, dan Muhammadiyah yang beraliran nasionalis demokratis dengan dasar agama, Indische Sociaal Democratische Vereeninging (ISDV) yang berhaluan Marxisme, menambah jumlah haluan dan cita-cita terutama ke arah politik. Hal ini di satu sisi membantu perjuangan rakyat Indonesia, tetapi di sisi lain sangat melemahkan BU karena banyak orang kemudian memandang BU terlalu lembek oleh karena hanya menuju "kemajuan yang selaras" dan terlalu sempit keanggotaannya (hanya untuk daerah yang berkebudayaan Jawa) meninggalkan BU. Oleh karena cita-cita dan pemandangan umum berubah ke arah politik, BU juga akhirnya terpaksa terjun ke lapangan politik.

Kehadiran Boedi Oetomo,Indische Vereeninging, dll pada masa itu merupakan suatu episode sejarah yang menandai munculnya sebuah angkatan pembaharu dengan kaum terpelajar dan mahasiswa sebagai aktor terdepannya, yang pertama dalam sejarah Indonesia : generasi 1908, dengan misi utamanya menumbuhkan kesadaran kebangsaan dan hak-hak kemanusiaan dikalangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan, dan mendorong semangat rakyat melalui penerangan-penerangan pendidikan yang mereka berikan, untuk berjuang membebaskan diri dari penindasan kolonialisme.
[sunting] 1928

Pada pertengahan 1923, serombongan mahasiswa yang bergabung dalam Indonesische Vereeninging (nantinya berubah menjadi Perhimpunan Indonesia) kembali ke tanah air. Kecewa dengan perkembangan kekuatan-kekuatan perjuangan di Indonesia, dan melihat situasi politik yang di hadapi, mereka membentuk kelompok studi yang dikenal amat berpengaruh, karena keaktifannya dalam diskursus kebangsaan saat itu. Pertama, adalah Kelompok Studi Indonesia (Indonesische Studie-club) yang dibentuk di Surabaya pada tanggal 29 Oktober 1924 oleh Soetomo. Kedua, Kelompok Studi Umum (Algemeene Studie-club) direalisasikan oleh para nasionalis dan mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik di Bandung yang dimotori oleh Soekarno pada tanggal 11 Juli 1925.

Diinspirasi oleh pembentukan Kelompok Studi Surabaya dan Bandung, menyusul kemudian Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), prototipe organisasi yang menghimpun seluruh elemen gerakan mahasiswa yang bersifat kebangsaan tahun 1926, Kelompok Studi St. Bellarmius yang menjadi wadah mahasiswa Katolik, Cristelijke Studenten Vereninging (CSV) bagi mahasiswa Kristen, dan Studenten Islam Studie-club (SIS) bagi mahasiswa Islam pada tahun 1930-an.

Dari kebangkitan kaum terpelajar, mahasiswa, intelektual, dan aktivis pemuda itulah, munculnya generasi baru pemuda Indonesia yang memunculkan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda dicetuskan melalui Konggres Pemuda II yang berlangsung di Jakarta pada 26-28 Oktober 1928, dimotori oleh PPPI.
[sunting] 1945

Dalam perkembangan berikutnya, dari dinamika pergerakan nasional yang ditandai dengan kehadiran kelompok-kelompok studi, dan akibat pengaruh sikap penguasa Belanda yang menjadi Liberal, muncul kebutuhan baru untuk menjadi partai politik, terutama dengan tujuan memperoleh basis massa yang luas. Kelompok Studi Indonesia berubah menjadi Partai Bangsa Indonesia (PBI), sedangkan Kelompok Studi Umum menjadi Perserikatan Nasional Indonesia (PNI).

Secara umum kondisi pendidikan maupun kehidupan politik pada zaman pemerintahan Jepang jauh lebih represif dibandingkan dengan kolonial Belanda, antara lain dengan melakukan pelarangan terhadap segala kegiatan yang berbau politik; dan hal ini ditindak lanjuti dengan membubarkan segala organisasi pelajar dan mahasiswa, termasuk partai politik, serta insiden kecil di Sekolah Tinggi Kedokteran Jakarta yang mengakibatkan mahasiswa dipecat dan dipenjarakan.

Praktis, akibat kondisi yang vacuum tersebut, maka mahasiswa kebanyakan akhirnya memilih untuk lebih mengarahkan kegiatan dengan berkumpul dan berdiskusi, bersama para pemuda lainnya terutama di asrama-asrama. Tiga asrama yang terkenal dalam sejarah, berperan besar dalam melahirkan sejumlah tokoh, adalah Asrama Menteng Raya, Asrama Cikini, dan Asrama Kebon Sirih. Tokoh-tokoh inilah yang nantinya menjadi cikal bakal generasi 1945, yang menentukan kehidupan bangsa.

Salah satu peran angkatan muda 1945 yang bersejarah, dalam kasus gerakan kelompok bawah tanah yang antara lain dipimpin oleh Chairul Saleh dan Soekarni saat itu, yang terpaksa menculik dan mendesak Soekarno dan Hatta agar secepatnya memproklamirkan kemerdekaan, peristiwa ini dikenal kemudian dengan peristiwa Rengasdengklok.
[sunting] 1966

Sejak kemerdekaan, muncul kebutuhan akan aliansi antara kelompok-kelompok mahasiswa, di antaranya Perserikatan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia (PPMI), yang dibentuk melalui Kongres Mahasiswa yang pertama di Malang tahun 1947.

Selanjutnya, dalam masa Demokrasi Liberal (1950-1959), seiring dengan penerapan sistem kepartaian yang majemuk saat itu, organisasi mahasiswa ekstra kampus kebanyakan merupakan organisasi dibawah partai-partai politik. Misalnya, GMKI Gerakan Mahasiswa kristen Indonesia, PMKRI Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia dengan Partai Katholik,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dekat dengan PNI, Concentrasi Gerakan Mahasiswa Indonesia (CGMI) dekat dengan PKI, Gerakan Mahasiswa Sosialis Indonesia (Gemsos) dengan PSI, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) berafiliasi dengan Partai NU, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dengan Masyumi, dan lain-lain.

Di antara organisasi mahasiswa pada masa itu, CGMI lebih menonjol setelah PKI tampil sebagai salah satu partai kuat hasil Pemilu 1955. CGMI secara berani menjalankan politik konfrontasi dengan organisasi mahasiswa lainnya, bahkan lebih jauh berusaha memengaruhi PPMI, kenyataan ini menyebabkan perseteruan sengit antara CGMI dengan HMI dan, terutama dipicu karena banyaknya jabatan kepengurusan dalam PPMI yang direbut dan diduduki oleh CGMI dan juga GMNI-khususnya setelah Konggres V tahun 1961.

Mahasiswa membentuk Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) tanggal 25 Oktober 1966 yang merupakan hasil kesepakatan sejumlah organisasi yang berhasil dipertemukan oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pendidikan (PTIP) Mayjen dr. Syarief Thayeb, yakni PMKRI, HMI,PMII,Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Sekretariat Bersama Organisasi-organisasi Lokal (SOMAL), Mahasiswa Pancasila (Mapancas), dan Ikatan Pers Mahasiswa (IPMI). Tujuan pendiriannya, terutama agar para aktivis mahasiswa dalam melancarkan perlawanan terhadap PKI menjadi lebih terkoordinasi dan memiliki kepemimpinan.

Munculnya KAMI diikuti berbagai aksi lainnya, seperti Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI), Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI), dan lain-lain.

Pada tahun 1965 dan 1966, pemuda dan mahasiswa Indonesia banyak terlibat dalam perjuangan yang ikut mendirikan Orde Baru. Gerakan ini dikenal dengan istilah Angkatan '66, yang menjadi awal kebangkitan gerakan mahasiswa secara nasional, sementara sebelumnya gerakan-gerakan mahasiswa masih bersifat kedaerahan. Tokoh-tokoh mahasiswa saat itu adalah mereka yang kemudian berada pada lingkar kekuasaan Orde Baru, di antaranya Cosmas Batubara (Eks Ketua Presidium KAMI Pusat), Sofyan Wanandi, Yusuf Wanandi ketiganya dari PMKRI,Akbar Tanjung dari HMI dll. Angkatan '66 mengangkat isu Komunis sebagai bahaya laten negara. Gerakan ini berhasil membangun kepercayaan masyarakat untuk mendukung mahasiswa menentang Komunis yang ditukangi oleh PKI (Partai Komunis Indonesia). Setelah Orde Lama berakhir, aktivis Angkatan '66 pun mendapat hadiah yaitu dengan banyak yang duduk di kursi DPR/MPR serta diangkat dalam kabibet pemerintahan Orde Baru. pada masa ini ada salah satu tokoh yang sangat idealis,yang sampai sekarang menjadi panutan bagi mahasiswa-mahasiswa yang idealis setelah masanya,dia adalah seorang aktivis yang tidak peduli mau dimusuhi atau didekati yang penting pandangan idealisnya tercurahkan untuk bangsa ini,dia adealah soe hok gie
[sunting] 1974

Realitas berbeda yang dihadapi antara gerakan mahasiswa 1966 dan 1974, adalah bahwa jika generasi 1966 memiliki hubungan yang erat dengan kekuatan militer, untuk generasi 1974 yang dialami adalah konfrontasi dengan militer.

Sebelum gerakan mahasiswa 1974 meledak, bahkan sebelum menginjak awal 1970-an, sebenarnya para mahasiswa telah melancarkan berbagai kritik dan koreksi terhadap praktek kekuasaan rezim Orde Baru, seperti:

    * Golput yang menentang pelaksanaan pemilu pertama pada masa Orde Baru pada 1972 karena Golkar dinilai curang.
    * Gerakan menentang pembangunan Taman Mini Indonesia Indah pada 1972 yang menggusur banyak rakyat kecil yang tinggal di lokasi tersebut.

Diawali dengan reaksi terhadap kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), aksi protes lainnya yang paling mengemuka disuarakan mahasiswa adalah tuntutan pemberantasan korupsi. Lahirlah, selanjutnya apa yang disebut gerakan "Mahasiswa Menggugat" yang dimotori Arif Budiman yang progaram utamanya adalah aksi pengecaman terhadap kenaikan BBM, dan korupsi.

Menyusul aksi-aksi lain dalam skala yang lebih luas, pada 1970 pemuda dan mahasiswa kemudian mengambil inisiatif dengan membentuk Komite Anti Korupsi (KAK) yang diketuai oleh Wilopo. Terbentuknya KAK ini dapat dilihat merupakan reaksi kekecewaan mahasiswa terhadap tim-tim khusus yang disponsori pemerintah, mulai dari Tim Pemberantasan Korupsi (TPK), Task Force UI sampai Komisi Empat.

Berbagai borok pembangunan dan demoralisasi perilaku kekuasaan rezim Orde Baru terus mencuat. Menjelang Pemilu 1971, pemerintah Orde Baru telah melakukan berbagai cara dalam bentuk rekayasa politik, untuk mempertahankan dan memapankan status quo dengan mengkooptasi kekuatan-kekuatan politik masyarakat antara lain melalui bentuk perundang-undangan. Misalnya, melalui undang-undang yang mengatur tentang pemilu, partai politik, dan MPR/DPR/DPRD.

Muncul berbagai pernyataan sikap ketidakpercayaan dari kalangan masyarakat maupun mahasiswa terhadap sembilan partai politik dan Golongan Karya sebagai pembawa aspirasi rakyat. Sebagai bentuk protes akibat kekecewaan, mereka mendorang munculnya Deklarasi Golongan Putih (Golput) pada tanggal 28 Mei 1971 yang dimotori oleh Arif Budiman, Adnan Buyung Nasution, Asmara Nababan.

Dalam tahun 1972, mahasiswa juga telah melancarkan berbagai protes terhadap pemborosan anggaran negara yang digunakan untuk proyek-proyek eksklusif yang dinilai tidak mendesak dalam pembangunan,misalnya terhadap proyek pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di saat Indonesia haus akan bantuan luar negeri.

Protes terus berlanjut. Tahun 1972, dengan isu harga beras naik, berikutnya tahun 1973 selalu diwarnai dengan isu korupsi sampai dengan meletusnya demonstrasi memprotes PM Jepang Kakuei Tanaka yang datang ke Indonesia dan peristiwa Malari pada 15 Januari 1974. Gerakan mahasiswa di Jakarta meneriakan isu "ganyang korupsi" sebagai salah satu tuntutan "Tritura Baru" disamping dua tuntutan lainnya Bubarkan Asisten Pribadi dan Turunkan Harga; sebuah versi terakhir Tritura yang muncul setelah versi koran Mahasiswa Indonesia di Bandung sebelumnya. Gerakan ini berbuntut dihapuskannya jabatan Asisten Pribadi Presiden.
[sunting] 1977-1978

Setelah peristiwa Malari, hingga tahun 1975 dan 1976, berita tentang aksi protes mahasiswa nyaris sepi. Mahasiswa disibukkan dengan berbagai kegiatan kampus disamping kuliah sebagain kegiatan rutin, dihiasi dengan aktivitas kerja sosial, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Dies Natalis, acara penerimaan mahasiswa baru, dan wisuda sarjana. Meskipun disana-sini aksi protes kecil tetap ada.

Menjelang dan terutama saat-saat antara sebelum dan setelah Pemilu 1977, barulah muncul kembali pergolakan mahasiswa yang berskala masif. Berbagai masalah penyimpangan politik diangkat sebagai isu, misalnya soal pemilu mulai dari pelaksanaan kampanye, sampai penusukan tanda gambar, pola rekruitmen anggota legislatif, pemilihan gubernur dan bupati di daerah-daerah, strategi dan hakekat pembangunan, sampai dengan tema-tema kecil lainnya yang bersifat lokal. Gerakan ini juga mengkritik strategi pembangunan dan kepemimpinan nasional.

Awalnya, pemerintah berusaha untuk melakukan pendekatan terhadap mahasiswa, maka pada tanggal 24 Juli 1977 dibentuklah Tim Dialog Pemerintah yang akan berkampanye di berbagai perguruan tinggi. Namun demikian, upaya tim ini ditolak oleh mahasiswa. Pada periode ini terjadinya pendudukan militer atas kampus-kampus karena mahasiswa dianggap telah melakukan pembangkangan politik, penyebab lain adalah karena gerakan mahasiswa 1978 lebih banyak berkonsentrasi dalam melakukan aksi diwilayah kampus. Karena gerakan mahasiswa tidak terpancing keluar kampus untuk menghindari peristiwa tahun 1974, maka akhirnya mereka diserbu militer dengan cara yang brutal. Hal ini kemudian diikuti oleh dihapuskannya Dewan Mahasiswa dan diterapkannya kebijakan NKK/BKK di seluruh Indonesia.

Soeharto terpilih untuk ketiga kalinya dan tuntutan mahasiswa pun tidak membuahkan hasil. Meski demikian, perjuangan gerakan mahasiswa 1978 telah meletakkan sebuah dasar sejarah, yakni tumbuhnya keberanian mahasiswa untuk menyatakan sikap terbuka untuk menggugat bahkan menolak kepemimpinan nasional.
[sunting] Gerakan bersifat nasional namun tertutup dalam kampus, Oktober 1977

Gerakan mahasiswa tahun 1977/1978 ini tidak hanya berporos di Jakarta dan Bandung saja namun meluas secara nasional meliputi kampus-kampus di kota Surabaya, Medan, Bogor, Ujungpandang (sekarang Makassar), dan Palembang. [1] 28 Oktober 1977, delapan ribu anak muda menyemut di depan kampus ITB. Mereka berikrar satu suara, "Turunkan Suharto!". Besoknya, semua yang berteriak, raib ditelan terali besi. Kampus segera berstatus darurat perang. Namun, sekejap kembali tentram.[2]
[sunting] Peringatan Hari Pahlawan 10 November 1977, berkumpulnya mahasiswa kembali

10 November 1977, di Surabaya dipenuhi tiga ribu jiwa muda. Setelah peristiwa di ITB pada Oktober 1977, giliran Kampus ITS Baliwerti beraksi. Dengan semangat pahlawan, berbagai pimpinan mahasiswa se-Jawa hadir memperingati hari Pahlawan 1977. Seribu mahasiswa berkumpul, kemudian berjalan kaki dari Baliwerti menuju Tugu Pahlawan.

Sejak pertemuan 28 Oktober di Bandung, ITS didaulat menjadi pusat konsentrasi gerakan di front timur. Hari pahlawan dianggap cocok membangkitkan nurani yang hilang. Kemudian disepakati pusat pertemuan nasional pimpinan mahasiswa di Surabaya.

Sementara di kota-kota lain, peringatan hari Pahlawan juga semarak. Di Jakarta, 6000 mahasiswa berjalan kaki lima kilometer dari Rawamangun (kampus IKIP) menuju Salemba (kampus UI), membentangkan spanduk,"Padamu Pahlawan Kami Mengadu". Juga dengan pengawalan ketat tentara.

Acara hari itu, berwarna sajak puisi serta hentak orasi. Suasana haru-biru, mulai membuat gerah. Beberapa batalyon tempur sudah ditempatkan mengitari kampus-kampus Surabaya. Sepanjang jalan ditutup, mahasiswa tak boleh merapat pada rakyat. Aksi mereka dibungkam dengan cerdik.

Konsolidasi berlangsung terus. Tuntutan agar Soeharto turun masih menggema jelas, menggegerkan semua pihak. Banyak korban akhirnya jatuh. Termasuk media-media nasional yang ikut mengabarkan, dibubarkan paksa.

Pimpinan Dewan Mahasiswa (DM) ITS rutin berkontribusi pada tiap pernyataan sikap secara nasional. Senat mahasiswa fakultas tak henti mendorong dinamisasi ini. Mereka bergerak satu suara. Termasuk mendukung Ikrar Mahasiswa 1977. Isinya hanya tiga poin namun berarti. "Kembali pada Pancasila dan UUD 45, meminta pertanggungjawaban presiden, dan bersumpah setia bersama rakyat menegakan kebenaran dan keadilan".[2]
[sunting] Peringatan Tritura 10 Januari 1978, dihentikannya gerakan oleh penguasa

Peringatan 12 tahun Tritura, 10 Januari 1978, peringatan 12 tahun Tritura itu jadi awal sekaligus akhir. Penguasa menganggap mahasiswa sudah di luar toleransi. Dimulailah penyebaran benih-benih teror dan pengekangan.

Sejak awal 1978, 200 aktivis mahasiswa ditahan tanpa sebab. Bukan hanya dikurung, sebagian mereka diintimidasi lewat interogasi. Banyak yang dipaksa mengaku pemberontak negara.

Tentara pun tidak sungkan lagi masuk kampus. Berikutnya, ITB kedatangan pria loreng bersenjata. Rumah rektornya secara misterius ditembaki orang tak dikenal.

Di UI, panser juga masuk kampus. Wajah mereka garang, lembaga pendidikan sudah menjadi medan perang. Kemudian hari, dua rektor kampus besar itu secara semena-mena dicopot dari jabatannya. Alasannya, terlalu melindungi anak didiknya yang keras kepala.

Di ITS, delapan fungsionaris DM masuk "daftar dicari" Detasemen Polisi Militer. Sepulang aksi dari Jakarta, di depan kos mereka sudah ditunggui sekompi tentara. Rektor ITS waktu itu, Prof Mahmud Zaki, ditekan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk segera membubarkan aksi dan men-drop out para pelakunya. Sikap rektor seragam, sebisa mungkin ia melindungi anak-anaknya.

Beberapa berhasil tertangkap, sisanya bergerilya dari satu rumah ke rumah lain. Dalam proses tersebut, mahasiswa tetap "bergerak". Selama masih ada wajah yang aman dari daftar, mereka tetap konsolidasi, sembunyi-sembunyi. Pergolakan kampus masih panas, walau Para Rektor berusaha menutupi, intelejen masih bisa membaca jelas.[2]
[sunting] Era NKK/BKK

Setelah gerakan mahasiswa 1978, praktis tidak ada gerakan besar yang dilakukan mahasiswa selama beberapa tahun akibat diberlakukannya konsep Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan (NKK/BKK) oleh pemerintah secara paksa.

Kebijakan NKK dilaksanakan berdasarkan SK No.0156/U/1978 sesaat setelah Dooed Yusuf dilantik tahun 1979. Konsep ini mencoba mengarahkan mahasiswa hanya menuju pada jalur kegiatan akademik, dan menjauhkan dari aktivitas politik karena dinilai secara nyata dapat membahayakan posisi rezim. Menyusul pemberlakuan konsep NKK, pemerintah dalam hal ini Pangkopkamtib Soedomo melakukan pembekuan atas lembaga Dewan Mahasiswa, sebagai gantinya pemerintah membentuk struktur keorganisasian baru yang disebut BKK. Berdasarkan SK menteri P&K No.037/U/1979 kebijakan ini membahas tentang Bentuk Susunan Lembaga Organisasi Kemahasiswaan di Lingkungan Perguruan Tinggi, dan dimantapkan dengan penjelasan teknis melalui Instruksi Dirjen Pendidikan Tinggi tahun 1978 tentang pokok-pokok pelaksanaan penataan kembali lembaga kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

Kebijakan BKK itu secara implisif sebenarnya melarang dihidupkannya kembali Dewan Mahasiswa, dan hanya mengijinkan pembentukan organisasi mahasiswa tingkat fakultas (Senat Mahasiswa Fakultas-SMF) dan Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF). Namun hal yang terpenting dari SK ini terutama pemberian wewenang kekuasaan kepada rektor dan pembantu rektor untuk menentukan kegiatan mahasiswa, yang menurutnya sebagai wujud tanggung jawab pembentukan, pengarahan, dan pengembangan lembaga kemahasiswaan.

Dengan konsep NKK/BKK ini, maka peranan yang dimainkan organisasi intra dan ekstra kampus dalam melakukan kerjasama dan transaksi komunikasi politik menjadi lumpuh. Ditambah dengan munculnya UU No.8/1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan maka politik praktis semakin tidak diminati oleh mahasiswa, karena sebagian Ormas bahkan menjadi alat pemerintah atau golongan politik tertentu. Kondisi ini menimbulkan generasi kampus yang apatis, sementara posisi rezim semakin kuat.

Sebagai alternatif terhadap suasana birokratis dan apolitis wadah intra kampus, di awal-awal tahun 80-an muncul kelompok-kelompok studi yang dianggap mungkin tidak tersentuh kekuasaan refresif penguasa. Dalam perkembangannya eksistensi kelompok ini mulai digeser oleh kehadiran wadah-wadah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tumbuh subur pula sebagai alternatif gerakan mahasiswa. Jalur perjuangan lain ditempuh oleh para aktivis mahasiswa dengan memakai kendaraan lain untuk menghindari sikap represif pemerintah, yaitu dengan meleburkan diri dan aktif di Organisasi kemahasiswaan ekstra kampus seperti HMI (himpunan mahasiswa islam), PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia), GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) atau yang lebih dikenal dengan kelompok Cipayung. Mereka juga membentuk kelompok-kelompok diskusi dan pers mahasiswa.

Beberapa kasus lokal yang disuarakan LSM dan komite aksi mahasiswa antara lain: kasus tanah waduk Kedung Ombo, Kacapiring, korupsi di Bapindo, penghapusan perjudian melalui Porkas/TSSB/SDSB.
[sunting] 1990

Memasuki awal tahun 1990-an, di bawah Mendikbud Fuad Hasan kebijakan NKK/BKK dicabut dan sebagai gantinya keluar Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan (PUOK). Melalui PUOK ini ditetapkan bahwa organisasi kemahasiswaan intra kampus yang diakui adalah Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT), yang didalamnya terdiri dari Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Dikalangan mahasiswa secara kelembagaan dan personal terjadi pro kontra, menamggapi SK tersebut. Oleh mereka yang menerima, diakui konsep ini memiliki sejumlah kelemahan namun dipercaya dapat menjadi basis konsolidasi kekuatan gerakan mahasiswa. Argumen mahasiswa yang menolak mengatakan, bahwa konsep SMPT tidak lain hanya semacam hiden agenda untuk menarik mahasiswa ke kampus dan memotong kemungkinan aliansi mahasiswa dengan kekuatan di luar kampus.

Dalam perkembangan kemudian, banyak timbul kekecewaan di berbagai perguruan tinggi karena kegagalan konsep ini. Mahasiswa menuntut organisasi kampus yang mandiri, bebas dari pengaruh korporatisasi negara termasuk birokrasi kampus. Sehingga, tidaklah mengherankan bila akhirnya berdiri Dewan Mahasiswa di UGM tahun 1994 yang kemudian diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di tanah air sebagai landasan bagi pendirian model organisasi kemahasiswaan alternatif yang independen.

Dengan dihidupkannya model-model kelembagaan yang lebih independen, meski tidak persis serupa dengan Dewan Mahasiswa yang pernah berjaya sebelumnya upaya perjuangan mahasiswa untuk membangun kemandirian melalui SMPT, menjadi awal kebangkitan kembali mahasiswa ditahun 1990-an.

Gerakan yang menuntut kebebasan berpendapat dalam bentuk kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik di dalam kampus pada 1987 - 1990 sehingga akhirnya demonstrasi bisa dilakukan mahasiswa di dalam kampus perguruan tinggi. Saat itu demonstrasi di luar kampus termasuk menyampaikan aspirasi dengan longmarch ke DPR/DPRD tetap terlarang.
[sunting] 1998

Gerakan 1998 menuntut reformasi dan dihapuskannya "KKN" (korupsi, kolusi dan nepotisme) pada 1997-1998, lewat pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa, akhirnya memaksa Presiden Soeharto melepaskan jabatannya. Berbagai tindakan represif yang menewaskan aktivis mahasiswa dilakukan pemerintah untuk meredam gerakan ini di antaranya: Peristiwa Cimanggis, Peristiwa Gejayan, Tragedi Trisakti, Tragedi Semanggi I dan II , Tragedi Lampung. Gerakan ini terus berlanjut hingga pemilu 1999.

Monday 29 October 2012

KEBODOHAN TULANG RUSUK


pereknlkan saya hasan atau kalau di bloger panggil saja saya ikalotus, artikel "kebodohan tulang rusuk" berisikan hal atau kejadian dimana kaum hawa diboohkan dengan yang dinamakan cinta, kadang kerap kali apapun yang terjadi pasti cinta yang diutamakan,, ya namnya hidup ada yang bilang tanpa cinta seperti masak sayur bayam tanpa garem,,
        kadng wanita sering melakukan hal bodoh dimana jika hatinya tersakiti akan sesuatu berunsur cinta, akan merubah mood atau situasi diri, artikel ini juga akan membahas mengenai hal bodoh yang terjadi ketika pacaran dn putus cinta
sebelum ke intinya saya akan mengurai definisi satu demi satu
PACARAN
Sebenarnya menurut anda "pacaran" itu apa sih? Ada banyak konsep tentang "pacaran"di benak kita. Dalam forum diskusi pun hal ini masih menjadi perdebatan. "Pacaran"ada yang diartikan sebagai hubungan yang dijalani ketika seorang pria dan seorangwanita saling menyukai satu sama lain dan ingin menjajaki kemungkinan untukmelangkah ke hubungan yang lebih serius lagi, atau sebagai status yangme"legal"kan mereka untuk merasa bebas saat terlihat selalu berdua dan salingmengungkapkan ekspresi sayang, atau hubungan yang dijalani sebagai kesempatanuntuk mengenal lebih dalam seseorang yang akan menjadi suami atau istri mereka dikemudian hari.Istilah "pacaran" sendiri memang hanya sekedar istilah, tapi yang penting adalahapa motivasi dari dan apa yang dilakukan dalam fase hubungan itu.Kalau mau jujur, pernah nggak anda merasa lelah menjalani "pacaran" yang putussambung, baik dengan orang yang sama atau dengan beberapa orang yang berbeda? Ataumungkin bosan menjalani "pacaran" yang hanya coba-coba, memulai hubungan spesialdengan harapan-harapan indah tentang masa depan dengan si dia, tapi ternyata ditengah jalan harus putus karena ketidakcocokan, atau karena konflik yangberkepanjangan, atau karena ternyata si dia baru ketahuan "belang"nya setelah"pacaran". Lalu apa yang anda perbuat selanjutnya?Ijinkan saya menceritakan satu kisah, dan dari kisah ini mungkin anda mendapat"modal awal" untuk mendefinisikan kembali arti dari "pacaran" yang ingin andajalani.Seorang pria dan wanita berkenalan, memulai semuanya dari hubungan pertemananbiasa, bersama-sama dengan orang-orang lainnya. Mereka terlibat dalam suatukomunitas yang sehat, yang memungkinkan mereka untuk saling berinteraksi dansaling mengenal sudut pandang dan karakter masing-masing secara umum dalam kondisiyang wajar. Kemudian salah satunya mungkin menyadari bahwa dia mulai menyukai yanglain... tapi dia tidak terburu-buru melakukan pendekatan secara eksklusif, diahanya mulai bercakap-cakap lebih banyak untuk mengenal si dia lebih lagi, tapimasih dalam batas pertemanan atau persahabatan yang wajar. Tidak lupa, dia jugamulai melibatkan Tuhan sejak awal. Waktu terus berjalan, dan setelah mereka terusberinteraksi (baik secara berdua maupun dengan lingkungan pergaulan masing-masing), mereka menemukan bahwa ternyata mereka saling melengkapi (dan salingmenyukai tentunya) dan mereka akhirnya memutuskan untuk "pacaran", setelah merekasaling mengetahui prinsip hidup masing-masing, karakter, dan hal-hal esensi lainyang dibutuhkan untuk mempertimbangkan apakah seseorang ini akan menjadi pasanganyang tepat yang ingin mereka nikahi kelak.Tentunya dalam kenyataan yang terjadi tidak sesederhana itu, karena memang kisahsetiap orang berbeda-beda. Namun dengan konsep "pacaran" seperti itu, setidaknyakemungkinan untuk jadian-bubar atau putus-sambung bisa lebih diminimalisir, karenatujuannya bukan coba-coba, tapi masa "pacaran" dipandang sebagai masa untukmengenal lebih dalam calon suami atau calon istri. Karena masa perkenalan dan jugapertimbangan untuk berkomitmen serius itu dilakukan sebelum "pacaran", maka denganbegitu keputusan yang diambil pun serius dan sudah dipertimbangkan cukup matang.Berbeda dengan konsep asal suka sama suka dan kenal hanya "kulit luar"nya sajalalu cepat-cepat memutuskan untuk "pacaran". Konsep yang terakhir inilah yangsering digembar-gemborkan oleh media, yang akhirnya juga membuat banyak dari kitaterpengaruh. Kalau kita melihat ada seorang pria dan wanita yang sedang "dekat",kita langsung mengajukan pertanyaan menggoda, "Kapan nih jadiannya?" atau "Udah...jadian aja... tunggu apalagi sih?" Sehingga terkesan bahwa "pacaran" itu adalahsesuatu yang remeh, yang bisa diputuskan begitu saja kalau ternyata tidak sesuaidengan keinginan atau harapan sebelumnya. Bahkan parahnya, pernikahan sekarang inijuga banyak dipandang sama seperti "pacaran", terbukti dengan maraknya kasusperceraian di media... Inikah jenis relationship yang sebenarnya kita inginkan?Dalam hubungan khusus antara seorang pria dan wanita, tentunya ada perasaan yangterlibat, tepatnya hati kita ikut terlibat. Jika sebuah hubungan yang sudahdijalin itu diputuskan, pasti ada sebagian hati kita yang terluka. Adalah tanggungjawab kita sendiri untuk menjaga hati kita, karena hati kita memotivasi setia 
kata ini munkin sudah sering kalian denger, dimana semua hal menjdi indah pada waktunya. pertama kenal cinta ,,wedehhh seperti dunia milik bersama,, rela melkaukan hal bodoh yang sering terjadi di waktu pacaran
yang sering dialami ketika pacaran adalah dimana masanya kalian akan diperbudak hasrat dan kebodohan,melakukan tindakan konyol yang dimana pasti pasangan kalian akan memaksa dengn menggunakan kata cinta ,ini hal yang sering membuat wanita terjerumus pergaulan bebas, dimana masa2 pacaran akan mmbuat Iman dan nafsu menjadi satu arah  utnuk bisa saling merusk 1 sama lain, setiap waktu di pikiran hanya ada di seorang, kalau bisa update status pun sampe gx lepas dari dia. berjalan berdua , bermesraan, tapi dimasa inilah pengujian apakah kalian bodoh atau pintar, karna hal terbodoh yng akan kalian alami di saat pacaran adlah menuruti sesuatu kebodohan yang kalian anggap bodoh tapi tetap kalian lakukan, alasan klasik,  CINTA

KEBODOHAN TULANG RUSUK


Merasa selalu gagal dalam menjalin hubungan asmara? Mungkin ada beberapa kebodohan yang secara tidak sadar Anda lakukan saat menjalin hubungan asmara.

Kebodohan tersebut bisa dalam bentuk tidak pernah mengungkapkan kekesalan pada pasangan atau terlalu banyak menghabiskan waktu bersama. Terkadang hal-hal kecil yang Anda lakukan itu malah membuat hubungan asmara hancur atau malah merugikan diri sendiri. Seperti dilansir Madam Noire berikut ini enam kebodohan wanita yang sering dilakukan saat menjalin hubungan asmara:
1. Terlalu Baik
Anda tidak pernah mengatakan padanya bahwa Anda sebenarnya tidak suka dibentak, Anda membiarkannya tidak menepati janjinya atau Anda hanya diam saat Anda tahu dia telah membohongi Anda. Sikap Anda yang terlalu baik tentu tidak membuat hubungan berjalan dengan lancar. Tunjukkan sikap Anda, jika memang tidak suka. Ungkapkanlah apa yang Anda inginkan, jangan hanya diam saja dan menerimanya begitu saja.
2. Terlalu Sering Bersama
Ketika baru berpacaran, pasti di antara Anda dan pasangan ingin selalu menghabiskan waktu bersama. Anda pun menjadi mengorbankan kehidupan pribadi agar bisa lebih dekat dengan kekasih baru. Padahal sikap Anda ini malah memicu kebosanan yang lebih cepat. Sebaiknya berikan jarak beberapa hari untuk bertemu kembali dengan si dia.

3. Membandingkannya dengan Pria Lain
Beberapa pasangan merupakan tipe pria petualang yang senang mengajak pacarnya untuk pergi berlibur. Ada juga pria musisi yang sering mengajak pacarnya untuk nonton konser. Apapun tipe, hobi dan karakter pria jangan membandingkannya dengan pria lain. Ini bisa memancing kemarahannya dan dia akan merasa jika Anda tidak bahagia berpacaran dengannya.
4. Merasa Tidak Aman
Kekhawatiran yang terlalu berlebihan terhadap pasangannya, membuat wanita merasa tidak aman. Jika Anda mulai menanyakan apakah si dia benar-benar mencintai Anda atau mulai terlalu banyak mengeluh, berarti Anda sudah merasa tidak aman dengannya. Sikap yang seperti itulah yang dapat menghancurkan hubungan asmara dan membuat pria merasa tidak betah.
5. Terlalu Banyak Menceritakan Masa Lalu
Jangan terlalu banyak menceritakan kehidupan Anda di masa lalu, apalagi menceritakan mantan-mantan kekasih Anda. Si dia bisa menilai bahwa Anda sebenarnya belum bisa lepas dari bayang-bayang masa lalu Anda.
6. Berusaha Mengubahnya
Di dunia ini, tidak ada manusia yang sempurna. Ada orang yang bisa diubah namun ada juga yang tidak. Jika Anda berharap bisa mengubah total sifat jeleknya, hubungan hanya akan diwarnai dengan konflik dan pertengkaran. Terima si dia apa adanya. Jika merasa sifat negatifnya tak bisa Anda

HAL HAL BODOH YANG TERJADI SAAT WANITA MENGGUNAKAN PRASAAN NYA

Kebodohan 1:

Percaya pada cinta yang menggebu-gebu pada pandangan pertama. Rasa tertarik yang begitu kuat pada pertemuan pertama memang menyenangkan, tetapi cinta berkembang sesuai dengan berjalannya waktu, dan bukan melalui pandangan sekilas atau 1-2 kali saat ketemu. Bila pada pertemuan pertama Anda sudah memiliki sedikit perasaan tertarik, langsung tergoda untuk mnerimanya.

Ingat, Anda tidak dapat menilai seseorang bila baru pertama kali bertemu dan berkenalan karena biasanya seseorang masih canggung pada kencan pertama. Cinta pada pandangan pertama hanya ada di dalam mitos. Oleh sebab itu, penting untuk mengenal dan memberikan kesempatan kepada beberapa orang. Bersikap terbuka dapat merupakan langkah penting untuk menemukan pasangan yang tepat.

Kebodohan 2:

Jatuh cinta pada seseorang yang sudah terikat. Tidak dapat disalahkan bila Anda jatuh cinta dengan seseorang yang simpatik, punya daya tarik kuat, pintar berbicara, dan kharismatik. Tapi percayalah. Anda akan menderita bila berkencan dengan seseorang yang tidak seratus persen terikat dengan diri Anda dan tidak pernah ada pada saat Anda membutuhkannya.

Tidak peduli bila Anda mengatakan bahwa Anda tidak memerlukan seseorang yang harus seratus persen siap untuk Anda. Pada kenyataannya, Anda tetap akan merasa sedih. Sebaiknya perluas pergaulan, ikut kelompok diskusi, atau kursus suatu bidang yang diminati. Buka diri untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Anda berhak untuk dicintai, dikasihi, dan dipedulikan.

Kebodohan 3:

Tidak mengatakan kepada orang-orang terdekat bahwa Anda memang sedang mencari seorang kekasih. Bila bosan dan lelah dengan kesendirian Anda, katakan kepada orang-orang terdekat bahwa Anda ingin memiliki seseorang yang lebih dari sekadar teman. Tidak perlu malu.

Bila Anda tertutup, belum tentu orang-orang terdekat mengerti keinginan Anda. Bisa saja mereka berpikir, Anda memang menikmati kesendirian Anda. Dengan mengatakan keinginan kepada orang-orang terdekat, tanpa disadari, Anda akan sibuk menerima undangan dari orang-orang terdekat untuk menghadiri acara makan malam ataupun untuk menghadiri acara-acara kegiatan sosial.

Kebodohan 4:

Mengabaikan bahaya yang sudah jelas-jelas kelihatan. Pernahkan Anda mengatakan "Dia hebat walaupun peminum berat," atau "Dia sangat menarik, kelihatannya cocok untuk saya, tapi dia playboy." Bila jatuh cinta memang mudah untuk mengabaikan masalah-masalah dasar yang dapat mengancam hubungan masa depan yang serius. Setiap kali berkencan dengannya, Anda selalu mengabaikan masalah yang ada.

Jika ada hal-hal prinsip yang Anda rasakan, bicarakan dengannya. Ajukan pertanyaan-pertanyaan. Pertimbangkan apakah alasan yang diberikannya dapat Anda terima, masuk akal, dan tidak akan menjadi masalah untuk hubungan jangka panjang yang serius. Tetapi bila dia tidak tertarik untuk terikat dengan suatu hubungan jangka panjang yang serius, tinggalkan dia.


tingglkan komntar kalian
maaf jika ada kesalahan, saya hanya menguraikan apa yang bisa saya tulis, semuanya kembali ke diri kalian masing
tertanda muhammad hasan ( ikalotus )